TARAKAN – Implementasi Perda Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kalimantan Utara mulai memasuki tahap penguatan jejaring dengan dunia industri. Komisi II DPRD Kaltara aktif menyambangi perusahaan-perusahaan besar guna memastikan dukungan mereka terhadap pengembangan UMKM dan pelaku kreatif daerah.

Wakil Ketua Komisi II, Komaruddin, menegaskan bahwa perusahaan besar memiliki peran penting sebagai mitra strategis. Bukan hanya dalam investasi, tetapi juga sebagai pintu distribusi yang mampu membawa produk kreatif lokal naik kelas.

“Potensi kreatif kita besar, tetapi pangsa pasarnya masih sempit. Perusahaan besar bisa menjadi penghubung langsung agar produk lokal bisa masuk ke pasar yang lebih luas,” katanya.

Ia menambahkan, Perda ini disusun bukan hanya menjadi regulasi, tetapi juga platform kemitraan untuk mempercepat tumbuhnya subsektor kreatif unggulan di Kaltara.

“Kami ingin begitu Perda diaktifkan, perusahaan sudah siap terlibat. Dengan begitu, ekosistem kreatif bisa berkembang lebih cepat dan memberikan nilai tambah bagi ekonomi daerah,” jelasnya.

Komaruddin berharap kolaborasi ini menjadi pendorong utama tumbuhnya ruang-ruang ekonomi baru bagi UMKM kreatif Kaltara.

Iklan