Dispar Promosi Wisata Kaltara Hingga ke Luar Negeri

DIMULAI: Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang beserta istri dan Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP dan istri saat memukul gong tanda dimulainya Benuanta Fest 2k23.

TANJUNG SELOR – Sepanjang tahun 2023 lalu, pemasaran dan pengenalan potensi wisata yang ada di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) masif dilakukan Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltara.

Selain dianggap perlu untuk menarik minat kunjungan wisatawan ke Kaltara, adanya promosi potensi wisata ini juga dinilai sangat penting sebagai modal awal menggaet investor untuk berinvestasi di sektor pariwisata Kaltara.

Kepala Dispar Kaltara, Njau Anau mengungkapkan, pemasaran atau promosi sektor Pariwisata ini dilakukan dengan beberapa cara seperti mempromosikan melalui media dan menggunakan billboard di lokasi strategis.

“Melalui media juga ada strateginya seperti memasukan gambar pariwisata Kaltara di salah satu video adzan media nasional dan menggunakan billboard di bandara-bandara besar yang ada di Indonesia,” kata Njau Anau.

Adanya promosi wisata ini juga digadang-gadang akan berdampak domino bagi sektor pariwisata Kaltara.

“UMKM kita akan hidup karena banyaknya kunjungan wisatawan, jadi tidak hanya tentang menggaet investor saja. Tapi hal ini juga akan berdampak langsung pada ekonomi masyarakat desa wisata yang ada di Kaltara,” jelasnya.

Dalam pemasaran sektor wisata ini, Dispar Kaltara juga memanfaatkan beberapa kegiatan pemerintah yang mengundang delegasi-delegasi negara lain seperti Benuanta Fest.

“Kita juga memanfaatkan kalender nasional dan beberapa event internasional untuk mempromosikan sektor wisata kita. Agar semakin dilirik oleh dunia internasional. Saat ini yang paling dilirik memang KIHI karena sudah terbentuk menjadi kawasan Industri dan kawasan pariwisata. Tapi kita juga berharap pada sektor wisata yang lainnya agar kedepannya pariwisata Kaltara ini mampu menjadi penopang ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (adv)

Iklan